Sabtu, 30 September 2017

Simanis Jagung Tanamanku

Hujan turun sangat lebat ayah mememacu motornya  kencang sekali, pikirku mungkin ayah ingin cepat sampai kerumah.

Sesampainya di rumah kami langsung ke halaman belakang rumah untuk melihat tanaman jagung kami, ternyata dugaanku benar  pohon jagung yang telah kami tanam sebulan lalu  hampir seluruhnya tumbang, sehingga kami harus bergotong-royong untuk mendirikan kembali pohon jagung itu.

Memang sulit menanam jagung untuk pertama kali. Tapi ini menjadi pelajaran bahwa kita harus menghargai jerih payah petani sampai berhasil membudi dayakan beraneka tanaman pangan yang setiap hari kita nikmati.

Banyak kendala yang harus dihadapi para petani dalam membudi dayakan tanaman, seperti mahalnya harga bibit dan pupuk. Mahalnya alat pertanian, Bahkan petani harus menghadapi tantangan alam terutama  perubahan cuaca serperti angin, Hujan, dan  Kemarau. Belum lagi harus menghadapi hama tanaman yang terus mengintai.

Aktivitas pertanian merupakan aktivitas yang dilakukan oleh sebagian besar penduduk Indonesia. Keadaan tanah yang subur serta iklimnya yang mendukung membuat penduduk Indonesia banyak yang menggantungkan hidupnya pada aktivitas dari pertanian.

Secara umum, aktivitas pada pertanian di Indonesia dapat dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu sebagai berikut.

1. PERTANIAN LAHAN BASAH.

Pertanian lahan basah atau disebut pula pertanian sawah banyak dilakukan oleh petani di Indonesia. Pertanian lahan basah sangat baik dikembangkan di dataran rendah dengan ketinggian kurang dari 300 meter.

Pada daerah tersebut, air cukup tersedia dari sungai-sungai atau saluran irigasi yang ada di sekitarnya. Jenis tanaman yang umumnya dibudidayakan pada lahan basah adalah padi.

Contoh aktivitas dari pertanian lahan basah tersebut terdapat di Pantai Utara Jawa, Kalimantan, dan Sumatra.

2. PERTANIAN LAHAN KERING.

Pertanian lahan kering ialah pertanian yang diusahakan tanpa penggenangan lahan garapan. Tanaman yang diusahakan adalah tanaman yang tidak memerlukan penggenangan lahan.

Contoh jenis tanaman yang cocok dilahan ini antara lain palawijja, padigogo, sayuran, bunga dan buah-buahan. aktivitas perladangan merupakan salah satu bentuk pertanian lahan kering yang banyak dilakukan oleh penduduk Indonesia.

Indonesia merupakan produsen dari sejumlah komoditas pertanian. Komoditas yang banyak dihasilkan adalah padi, jagung, ubi kayu, kedelai, dan kacang tanah.

Adapun sebaran daerah penghasil komoditas tersebut adalah sebagai berikut.


Gambar Pertanian lahan kering
Semoga pertanian di Indonedia terus maju sehingga Kita menjadi Negara yang swasembada pangan terbesar di dunia. Aamiiin

3 komentar:

Sampaikan komentar anda demi meningkatnya kwalitas blog ini