Selasa, 16 Juni 2015

Contoh Instrumen Observasi Guru dan Angket Siswa



INSTRUMEN PENGAMATAN GURU


No
Perilaku Guru
Deskrifsi
Skor
Ideal
Skor Perolehan
1.
Guru memulai pembelajaran dengan efektif



2.
Guru menguasai materi pelajaran.



3.
Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran dengan baik



4.
Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran.



5.
Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran



6.
Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran




Jumlah Skor ( % )




Skor Ideal
240 (100%)








                                                                        Pengamat




                                                                        (…………………………..)



ANGKET SISWA
Mata Pelajaran             : IPS
Kelas                           : VII.1
Guru Mata Pelajaran    : Subarnas, S.Pd.                                                                      Page 1
NO
Aspek Motivasi Belajar Siswa
ss
s
ts
sts

1. Adanya Hasrat dan Keinginan Berhasil





1
Saat memulai pembelajaran ini saya percaya bahwa
pembelajaran ini mudah bagi saya.

4
3
2
1
2
Setelah mempelajari pembelajaran ini beberapa saat, saya
percaya yakin saya akan berhasil dalam tes.

4
3
2
1
3
Setelah mempelajari pembelajaran ini beberapa saat, saya
tidak nyakin akan lulus KKM.

1
2
3
4
4
Materi pembelajaran ini lebih sulit dipahami dari pada yang
saya harapkan.

1
2
3
4

2. Adanya Dorongan dan Kebutuhan Dalam Belajar





5
Isi pembelajaran ini akan bermanfaat bagi saya

4
3
2
1
6
Proses pembelajaran IPS yang digunakan oleh guru sangat
menarik bagi saya.

4
3
2
1
7
Pembelajaran ini tidak relevan dengan kebutuhan saya sebab
sebagian besar isinya tidak saya ketahui.

1
2
3
4
8
Saya tidak melihat hubungan antara isi pelajaran dengan
sesuatu yang telah saya ketahui.

1
2
3
4

4. Adanya Penghargaan Dalam Belajar





9
Komentar- komentar lain dari guru pada pembelajaran ini,
membuat saya merasa mendapat penghargaan bagi upaya
saya.

4
3
2
1
10
Saya merasa agak kecewa dengan pembelajaran ini.

1
2
3
4

Jumlah Skor
ss
s
ts
sts






 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sampaikan komentar anda demi meningkatnya kwalitas blog ini