Sabtu, 26 Agustus 2017

Dampak Negatif Mendidik Anak Dengan Kekerasan

Kekerasan orang tua dalam mendidik anak oleh sebagian masarakat dianggap wajar. Bahkan saya sering mendengar pernyataan dari orang tua bahwa dia berhasil karena memiliki orang tua yang keras.
Jika anak melakukan kesalahan orang tua dulu tidak segan untuk memukul anaknya, bahkan ada orang tua yang srngaja menyediakan rotan atau srbilah bambu untuk menakuti anaknya agar mau belaja.
Memang tanggapan itu ada benarnya juga, akan tetapi banyak dampak negatif dari kekerasan terhadap anak yang belum orang tua ketahui diantaranya :

1. Memukul Anak Malah Akan Melahirkan Anak yang Suka Memukul

Cukup banyak penelitian yang menunjukan bahwa anak-anak yang sering dihukum dengan kekerasan dan pukulan sering banyak melahirkan anak yang memiliki perilaku yang agresif dan menyimpang. Hal ini mungkin tidak akan berimbas pada anak seketika saat mereka masih kecil. Namun hal yang lebih buruk akan terjadi pada perilaku anak saat mereka menginjak usia remaja dan saat dewasa. Sebab hal ini terjadi sewaktu mereka masih kecil, anak-anak akan secara alami belajar bagaiman harus bersikap melalui pengamatan da meniru sikap orangtua mereka.

Jika ayah mereka seringkali memukul anak-anaknya saat mereka masih kecil, terutama anak tersebut adalah perempuan, maka akan membuat mereka tumbuh menjadi pribadi yang tidak menghargai orang lain dan menganggap kekerasan adalah cara menaklukan seseorang.

Anda tentu tidak ingin jika hal ini terjadi pada putra dan putri anda bukan?
Untuk itulah, hindari memberikan hukuman dan kekerasan yang bisa menyakiti anak-anak.
Kami memahami betul, rasa kesal kita seringkali membuat kita tenggelam dalam amarah yang sulit dikendalikan.

2. Tidak Menyelesaikan Masalah, Sebaliknya Memperburuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ikatan antara orangtua dengan anak seharusnya didasari dengan cinta dan kasih sayang. Bukanlah kebencian bak musuh dengan musuh.
Setiap kali anak anda melakukan kesalahan dan melanggar peraturan dan setiap kali itu juga anda memberikan pukulan sebagai hukuman, hal ini tentu saja menghilangkan cinta dan kasih antara anak dengan orangtua dan sebaliknya.

Daripada memberikan pukulan, menjewer atau mencubit anak saat mereka melakukan kesalah. Ada baiknya, jika anda menghampiri mereka dan menanyakan mengapa mereka sampai berbuat hal demikian.
Setelah diketahui alasannya, baru pertimbangkan untuk memberikan hukuman pada anak jika kesalahan tersebut dengan sengaja mereka lakukan. Hanya saja, hindari memberikan hukuman yang menyakitkan dan sadis, sebaliknya berikan hukuman mendidik yang membuat anak jera untuk melakukan kesalahan yang serupa.

3. Membuat Anak Mengasumsikan Kekerasan Adalah Solusi Menyelesaikan Masalah

Ketika anda memberikan hukuman dengan jalan kekerasan, hal ini bukan malah menyelesaikan masalah dan membuat anak patuh pada anda. Malah mungkin sebaliknya, hal ini bisa saja ditangkap dan diasumsikan anak bahwa memukul dan menyakiti orang yang lebih kecil dari mereka adalah tindakan yang benar. Selain itu, anak juga akan mengasumsikan bahwa kekerasan adalah jalan terbaik dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah.

4. Pada Anak yang Mudah Marah, Hal Ini Akan Menumbuhkan Dendam

Perilaku anda yang sering menghukum dan memukul anak-anak anda, terutama anak-anak yang mudah marah bukan saja akan membuat mereka kesal. Hal ini juga akan membuat kemarahan yang tidak berani mereka ungkapkan akan dipendam dalam hati. Yang mana jika hal ini terus-terusan terjadi, amarah anak akan terus terakumulasi dan menjadi dendam terhadap orangtuanya.

Ketika mereka sudah besar nanti, bukan tidak mungkin mereka akan melakukan hal serupa dan memperlakukan orangtua mereka dengan tidak hormat karena mereka berpikir orangtua mereka adalah musuh yang harus dilawan.

Untuk itulah, memperhatikan pola asuh anda pada anak-anak sejak mereka masih kecil adalah hal yang haru senantiasa anda perhatikan. Anda tentu tidak ingin jika buah hati yang anda besarkan dengan susah payah malah berbalik menyerang anda dan membalas anda dengan tidak sepantasnya.

Demikian beberapa dampak yang bisa dihasilkan dari kebiasaan memukul anak. Beberapa dampak diatas hanyalah segelintir akibat dari kebiasaan sering memukul anak. Semoga hal ini bisa menjadi pertimbangan orangtua untuk tidak mengaplikasikan kekerasan terhadap buah hati yang dicintainya.

Nasehat Alam Selat Sunda


Nasehat  Alam Selat Sunda

Hembusan angin tak henti-hentinya membelai tubuh, gemuruh ombak damai terasa ke hati.

Betapa setianya samudra tiada lelah menghantarkan ombak-ombak ke pantai

Itulah gambaran untuk insan antara dirinya dengan perihal pekerjaannya, harus setia tiada lelah seperti samudra itu.

Itulah laut yang banyak nasehat alam untuk para insan.

Kalaupun batu karangnya itupun nasehat untuk insan bahwa insanpun harus punya cita-cita untuk masa depan, harus melebihi kokohnya batu karang yang diterjang ombak tak henti-hentinya.

Inilah Selat Sunda
Sabtu 26 agustus 2017.

Jumat, 25 Agustus 2017

MODUL KEWIRAUSAHAAN

Bagi yang mau modul kewirausahaan silahkan
 unduhhttp://www.infokursus.net/beritadetil.php?id=376

Karkteristik Negara Maju Dan Berkembang

A.Ciri-ciri Negara Maju

1.Sebagian besar penduduknya bekerja di sektor industri

Kebanyakan penduduk di negara maju bekerja di sektor industri karena gaji yang besar dan menciptakan kesejahteraan.

2.Sektor pertanian sebagai minoritas tetapi sudah menggunakan alat canggih

Menggunakan Alat Canggih

Sektor pertanian sangat sedikit di negara maju sehingga banyak mengimpor dari negara berkembang.Di negara maju juga sudah memiliki alat-alat canggih untuk pertanian sehingga mempunyai produk yang berkualitas,tetapi itu belum cukup untuk memenuhi kebutuhan penduduk.

3.SDM yang baik dan berkualitas

Sumber daya manusia yang baik dan berkualitas ini disebabkan baiknya mutu pendidikan di negara maju.

4.Pendapatan perkapita tinggi

Bukan negara maju namanya jika pendapatannya sedikit.Pendapatan di negara maju pasti sangatlah tinggi.

5.Pertumbuhan penduduknya rendah(kelahiran,kematian,imigrasi,emigrasi)

Di negara maju,rata-rata penduduknya sedikit.Ini disebabkan dalam suatu keluarga mereka rata-rata hanya mempunyai 1 atau 2 anak saja.

6.Konsentrasi penduduk di daerah perkotaan

Kebanyakan penduduk negara maju hidup di perkotaan dibandingkan di desa,sehingga lebih difokuskan di daerah perkotaan.

7.Angka kelahiran dan kematian relatif rendah,angka harapan hidup tinggi

Akibat minimnya penduduk,sejahtera,gaji yang besar sudah tercukupi sehingga penduduk di negara maju ingin mencoba tantangan untuk maju.

8.Tingkat pendidikan tinggi

Kesadaran penduduk di negara maju akan sekolah sangatlah tinggi.Pemerintah negara maju tak segan-segan mengeluarkan biaya yang sangat banyak untuk pendidikan yang berkualitas. Dari jasa guru yang berkualitas,materi pelajaran,sistem pendidikan bahkan fasilitas di dalam sekolah juga ditanggung pemerintah.

9.Tingkat kesejahteraan tinggi

Gaji yang cukup menyebabkan kesejahteraan dalam keluarga-keluarga di negara maju sangatlah berpengaruh,karena dalam satu keluarg mereka dapat mencukupi biaya hidupnya dengan baik.Selain itu sistem-sistem yang baik pada pemerintah juga mendukung terjalinnya kesejahteraan rakyatnya.

B.Ciri-ciri Negara Berkembang

1.Mata pencarian penduduk pertanian dan pemanfaatan SDA

Kebanyakan negara berkembang mempunyai sumber daya alam yang sangat banyak.Sebut saja Indonesia.Indonesia mempunyai sumber daya alam sangat tinggi terutama dalam bidang pertambangan,kehutanan,pertanian,perikanan,dan lain-lain.Alam yang rata-rata terpelosok dan masih terjaga,biasanya dijadikan cagar alam ataupun pariwisata.

2.Pengolaan pertanian menggunakan alat-alat sederhana

Mahalnya alat-alat pertanian sangatlah berkendala.Petani lebih memilih alat-alat sederhana dibandingkan untuk membeli alat-alat canggih dari impor karena biayanya yang mahal.

3.Tingkat kehidupan yang rendah(SDMnya rendah)

Masih banyak penduduk yang terpelosok dan tidak tersentuh dunia modern(primitif) di negara berkembang,tetapi hanya terpelosok.Di daerah kota banyak penduduk tetapi kesejahteraannya kurang dan masih banyak kemiskinan.

4.Pendidikan formal dan non-formal kurang memadai

Pengelolaan pendidikan kurang baik sehingga menjadikan SDM yang kurang berkualitas.Dan juga banyaknya hambatan siswa untuk ke sekolah.

5.Pertumbuhan penduduk yang tinggi

Rata-rata negara berkembang mempunyai penduduk yang sangat banyak dibandingkan negara-negara maju.Itu yang menyebabkan susahnya pemerintah dalam mengelola rakyatnya yang sangat banyak ini.

6.Belum ada kesetaraan gender

Yap,penduduk di negara berkembang masih membeda-bedakan gender.Tetapi,makin lama kesetaraan gender sudah mulai terjalin.

7.Angka beban ketergantungan tinggi

Beban ketergantungan untuk mencukupi kebutuhan sangat tinggi tetapi lapangan kerja kurang dan menyebabkan banyaknya tindak kriminalitas di negara berkembang.

8.Tingginya tingkat pengangguran

Banyaknya penduduk dan lapangan pekerjaan yang sedikit menyebabkan banyaknya pengangguran.Selain itu,banyak perusahaan memberikan syarat-syarat yang berat seperti minimal pendidikan sampai berpenampilan menarik.

9.Ketergantungan terhadap negara maju sangat tinggi

Pendapatan negara yang minim mengakibatkan banyak negara berkembang yang mengekspor sumber daya alamnya dari kekayaan alam yang dimiliki.Dan mengimpor alat-alat canggih yang diperlukan.

PENGARUH INTERAKSI ANTAR RUANG DI INDONESIA

Klik link di bawah :
Pengaruh interaksi antar ruang di indonesia

Cara Belajar yang Efektif, Efisien, Menyenangkan, dan Sukses

Cara Belajar yang Efektif, Efisien, Menyenangkan, dan Sukses

Sahabat Pembaca, menurut KBBI belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu.

Bagaimana cara agar belajar kita efektif ( dapat membawa hasil/berhasil/sukses ), efisien ( tepat menghasilkan sesuatu dengan tidak membuang-buang waktu, tenaga, biaya), dan menyenangkan ?.

Semua orang memiliki trik sukses belajar yang  berbeda dan setiap orang memiliki cara tersendiri yang unik walaupun pada dasarnya sama yakni untuk mencapai tujuan bisa paham akan hal yang dipelajarinya. Namun pasti ada beberapa teknik dan metode yang lebih efektif, efesien, dan menyenangkan daripada yang lain.

Jadi apa cara yang terbaik untuk memfasilitasi agar  pengetahuan dapat masuk dan berkembang di dalam memori kita secara abadi ?

Apakah ada suatu teknik/metodologi belajar yang terbukti jitu untuk diterapkan ke semua subjek belajar?

Apa cara belajar yang terbaik untuk Anda?

Metode/Cara Belajar yang Efektif, Efisien, dan Menyenangkan

1. Berdo'a
Berdo'alah sebelum melakukan sesuatu,dalam hal ini berdo'alah sebelum belajar.
Do'a merupakan kekuatan yang sangat ampuh agar kita dapat sukses dalam belajar.
Dengan berdo'a sebelum belajar,maka pikiran dan hati kita tenang.
Dengan meminta petunjuk dari yang memberi nikmat akal pikiran, juga merupakan/sebagai wujud rasa syukur kita kepada-Nya.

2. Kenali metode berpikir

Sebelum Anda mengenali cara belajar yang selama ini Anda gunakan, sebaiknya ketahui dulu tentang metode berpikir kita atau bisa juga disebut model berpikir kita.
Adapun metode berpikir yang saya maksud yaitu metode fokus dan difus

a. Metode berpikir fokus

Metode berpikir fokus adalah metode berpikir yang terpusat pada satu objek.
Metode fokus sering yang terjadi/kita lakukan ketika kita belajar tentang ilmu pengetahuan yang membutuhkan perhatian penuh.

Misalnya saat kita membaca buku, menghafal sesuatu, memperhatikan dan mendengarkan penjelasan Guru, menonton televisi, dan lain sebagainya yang membutuhkan konsentrasi.

b. Metode berpikir difus

Di kamuskesehatan.comdifus berarti menyebar, tidak terlokalisasi atau terbatas; menyebar luas melalui jaringan atau zat.
Metode berpikir difus/menyebar mengandung pengertian bahwa dalam mempelajari/mengingat/memahami sesuatu tidak dengan perhatian khusus atau bisa dikatakan cara berpikir di belakang layar.

Fulan adalah Siswa Kelas 6, pada jam kegiatan belajar matematika di sekolahnya,dia kurang paham dengan materi pelajaran yang disampaikan oleh gurunya.
Pada jam istirahat, sambil menikmati jajan yang dibelinya, diam-diam si Fulan masih memutar otak pikirannya untuk memecahkan masalah/memahami tentang pelajaran matematika yang belum dipahaminya.

Akhirnya si Fulan pun kini sudah mengerti/paham tentang materi matematika tersebut.Saat Priyo akan berangkat kuliah, dia kebingungan karena lupa kunci/kontak sepeda motornya ditaruh di mana.

Dia mondar-mandir mencari kunci tersebut. Sudah dicari di  tempat mana pun tetapi belum juga ditemukannya. Dengan rasa kesal dan lelah akhirnya Priyo ke dapur untuk mengambil air minum.

Saat Priyo sedang meminum air, tiba-tiba dia ingat bahwa kunci sepeda motornya kemarin di taruh di bawah kasur tempat tidurnya.Pada contoh kasus yang pertama si Fulan dapat memahami pelajaran pada saat dia mengerjakan aktivitas yang lain yakni sedang makan jajan.

Sedangkan pada contoh kedua,Priyo juga mengingat kuncinya setelah dia melakukan kegiatan yang lain yakni saat minum.Sebenarnya banyak contoh yang lain seperti seorang Ibu ingat jarum pentulnya yang hilang saat Ibu sedang menjalankan Ibadah. Apakah Anda pernah mengalami hal sejenis seperti contoh tersebut?

Metode berpikir fokus dan difus tentunya sering kita lakukan, baik untuk memecahkan suatu masalah yang terkait dengan materi pelajaran maupun masalah hidupdan kehidupan sehari-hari.

2. Chunking 

Chunking adalah proses dimana Anda mencoba untuk memahami sesuatu yang kompleks dengan memecahnya dan bekerja pada unit yang lebih kecil ("potongan"). Misalnya, dalam belajar bahasa baru, Anda belajar frase, tata bahasa,  dan lain-lain yang akan membantu Anda membangun kalimat kompleks.

Chunking membuat mata pelajaran yang sulit lebih mudah dikelola. Manfaat lain untuk chunking adalah bahwa hal itu dapat membantu Anda dalam chunking masa depan, bahkan ketika Anda belajar sesuatu yang sama sekali berbeda.

Contoh kegiatan:

saat pembelajaran di Sekolah, tulislah kata-kata kunci atau kata penting yang sedang disampaikan oleh Gurusaat belajar di rumah, baca lah buku pelajaran sambil mencatat/membuat ringkasanpandai-pandai lah membuat akronim sesuai/sesuka Anda, yang penting memudahkan Anda dalam mengingat dan memahami pelajaran

3. Pengulangan

Proses memahami pelajaran seseorang dengan yang lainnya tentunya berbeda.  Ada yang memahami suatu pelajaran dengan cara menghafalkan terlebih dahulu dan ada yang tanpa hafalan. Yang tanpa hafalan biasanya karena begitu membaca langsung hafal dan langsung ke proses pemahaman. 

Dan hal ini juga tergantung apakah materinya tentang ingatan, pemahaman, penerapan, dan sebagainya.

Contoh kegiatan :

Hafalkan kembali materi yang sifatnya ingatan. Lakukan pengulangan/hafalan secara bertahap jika memang Anda merasa lebih nyaman dengan cara menghafal pelajaran dengan cara bertahap, namun jika Anda tipenya lebih hafal dengan cara borongan pun tidak masalah, lakukan sesuka hati Anda, asalkan jangan mengorbankan waktu istirahat/tidur Anda.telaah/pahami materi pelajaran yang sudah atau belum diajarkan oleh Guru.

Jika Anda mempelajari dulu materi yang belum disampaikan oleh Guru, maka Anda akan lebih banyak mengulang, di mana saat Guru menyampaikan materi berarti Anda sudah masuk tahap pengulangan sehingga materi pun dengan cepat Anda kuasai.

4. Gunakan gaya belajar yang sesuai

Pilihlah gaya belajar sesuai selera Anda:
jika Anda sedang belajar di sekolah, maka ini terkait dengan metode maupun media pembelajaran yang digunakan oleh Guru.

Intinya simak/ikuti secara aktif kegiatan pembelajaran tersebutjika Anda sedang belajar mandiri di rumah, lakukan sesuka hati, misalnya Anda bisa belajar sambil mendengarkan musik, dan sebagainyaJadi fokus lah pada proses, bukan produk/hasil. Jika Anda menikmati proses belajar, maka hasil belajar akan lebih Anda nikmati secara abadi.

5. Pilih waktu yang tepat

Untuk pembelajaran di sekolah tentunya ikuti jadwal yang ada, jangan sampai Anda membolosuntuk belajar di rumah, pilih lah waktu yang tidak menggannggu jam istirahat Anda, misalnya Anda suka belajar di pagi hari, maka tidur lah lebih awal kemudian bangun di dini/pagi hari dan sempat kan untuk belajar

Demikian tentang:

Cara Belajar yang Efektif, Efisien, dan Menyenangkan. 

Semoga bermanfaat

Dikutip dari :
http://www.websitependidikan.com/2015/11/cara-belajar-yang-efektif-efisien-dan-menyenangkan.html?m=1

APLIKASI RUBRIK PENILAIAN SIKAP

Assalamu alaikum Wr. Wb.
        Sebagai guru tentunya kita sering  berhadapan dengan Administrasi pengajaran, dan yang paling membuat repot adalah jika berhadapan dengan administrasi penilaian, karena banyak hal-hal yang perlu kita lakukan dalam proses penilaian, mulai dari pembuatang an instrumen penilaian sampai pengolahan nilai sehingga menjadi nilai yang siap dilaporkan kepada orang tua siswa.
       Sementara itu penilaian sangatlah penting dilakukan dengan benar agar informasi mengenai perkembangan peserta didik bahkan sebagai sarana evaluasi bagi guru dalam melakukan proses pembelajaran pada waktu yang akan datang, sehingga diperlukan hasil penilaian yang obyektif dan handal.
       Kali ini saya ingin membagikan format penilaian sikap kurikulum 2013 atau yang dikenal dengan rubrik penilaian sikap. walaupaun aplikasi ini sangat sederhana tetapi semoga menjadi inspirasi bagi kita semua untuk bisa mencari cara yang lebih effektif dan efisien sehingga tidak terlalu menguras waktu, tenaga serta pikiran kita.

      Pada aplikasi sederhana ini anda tidak perlu berulang ulang menulis nama siswa, karena nama siswa dapat anda ketik sekali saja pada data siswa, atau anda copy dari data tata usaha yang tentunya lebih lengkap menangani masalah pendataan siswa.

    Silahkan anda anda download link di bawah ini semoga bermanfaat.

Aplikasi format penilaian sikap siswa dalam format excel.

Rabu, 23 Agustus 2017

Upaya Indonesia untuk menjadi negara maju

Upaya yang dilakukan Indonesia untuk menjadi negara maju di dunia :

a) Meningkatkan Pendapatan Per Kapita Penduduk

Sampai saat ini pendapatan per kapita penduduk Indonesia masih pada perkiraan US$ 3.800 per tahun. Angka tersebut masih jauh dari pendapatan per kapita negara maju yang rata-rata di atas US$ 10.000 per tahun. Pemerintah harus membuat  program yang bisa meningkatkan produktifitas penduduk yang nantinya bisa meningkatkan pendapatan mereka. Secara fisik bisa dilakukan dengan membangun sarana prasarana pembangunan, misalnya : jalan, pelabuan, jembatan, kawasan industri dan lain-lain. Sedangkan program bidang ekonomi misalnya : penanaman modal, kredit usaha kecil (KUR), dan bantuan pelatihan & managemen. Diharapkan di masa depan pendapatan per kapita penduduk Indonesia bisa naik secara signifikan.

b) Meningkatkan kualitas dan peluang mendapatkan pendidikan

Pendidikan masih tertinggal jauh dari negara maju. Lulusan sekolah masih didominasi oleh tamatan sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, sedangkan lulusan pendidikan tinggi masih sangat minim. Padahal kita membutuhkan SDM yang berkualitas tinggi untuk mempercepat pembangunan. Maka dari itu pemerintah berusaha meningkatkan kualitas pendidikan nasional dengan meningkatkan anggaran pendidikan di APBN sampai 20%, selain itu juga banyak membangun sekolah-sekolah diseluruh penjuru negeri, dan memberikan bantuan operasional sekolah (BAS) agar siswa bisa sekolah tanpa dibebani biaya yang besar. Program terbaru pemerintah adalah kartu Indonesia Pintas yang memberikan bantuan kepada siswa yang kurang mampu.

c) Meningkatkan penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Penemuan-penemuan besar dalam bidang IPTEK masih dikuasai negara-negara maju yang ada sekarang ini. Sedangkan Indonesia masih sangat minim inovasi dan pengusaan IPTEK. Univertas dan Lembaga penelitian harus terus didorong melakukan penelitian untuk menemukan teori IPTEK yang baru. Penguasaan IPTEK sangat diperlukan karena dunia sudah berkembang begitu cepat, efektifitas dan efisiensi dengan menggunakan teknologi yang canggih membuat suatu negara bisa memenangkan pesaingan global di segala bidang.

Sumber daya alam di Indonesia

Potensi dan Sebaran Sumber Daya Alam Indonesia

Sebagai negara tropis yang memiliki ribuan pulau dan lautan yang luas, Indonesia mempunyai kekayaan alam yang sangat berlimpah.

Di daratan, suhu dan curah hujan yang tinggi memungkinkan penduduknya dapat menanam berbagai macam komoditas pertanian dan perkebunan. Curah hujan yang tinggi juga menjamin tetap tersedianya air untuk kepentingan budi daya perikanan darat. 

Wilayah Indonesia yang tergolong luas juga menyimpan kekayaan berupa lahan yang masih belum dimanfaatkan. Banyak pulau yang masih belum dihuni hingga di masa mendatang masih terbuka luas untuk dikembangkan dengan berbagai produk pertanian. Lahan yang luas juga menarik para pengusaha baik dari dalam maupun luar negeri untuk membuka perkebunan di berbagai wilayah Indonesia. 

Selain lahan yang masih luas, Indonesia juga memiliki laut yang luas (2/3 bagian) dan garis pantai yang sangat panjang.

Laut di Indonesia dengan berbagai sumber daya yang terkandung di dalamnya belum dimanfaatkan secara maksimal oleh penduduk. Sebagian besar penduduk Indonesia masih berorientasi ke darat. Padahal, potensi sumber daya laut, khususnya ikan, masih melimpah ruah.

Garis pantai yang sangat panjang juga menjadi modal untuk mengembangkan budi daya perikanan. 

Potensi dan Sebaran Sumber Daya Alam Indonesia Sumber daya alam Indonesia yang banyak dan beraneka ragam sudah dikenal oleh bangsa lain sejak dulu.

Bangsa India dan Cina bahkan sudah mengadakan hubungan dagang dengan bangsa Indonesia sejak abad ke-2 Masehi.

Komoditas perdagangan dari Indonesia yang terkenal antara lain emas, cengkih, lada, kayu cendana, dan kapur barus. Komoditas tersebut termasuk yang diperdagangkan di pasaran internasional dengan nilai yang tinggi. 

Ketika hubungan dagang dengan pedagang Cina mulai terjalin, para pedagang Indonesia diharapkan mampu menyediakan barang dagangan yang bisa menyamai kedudukan barang-barang dagangan dari Asia Barat.

Kekayaan bumi Indonesia mampu menyediakan banyak barang seperti bahan wangi-wangian, misalnya berbagai jenis kemenyan dan kayu harum seperti cendana, kapur barus, dan berbagai jenis rempah-rempah. Barang komoditas tersebut mampu menembus pasaran Cina. 

Sumber daya alam di Indonesia dapat dikelompokkan menjadi sumber daya udara, sumber daya tanah, sumber daya air, sumber daya hutan, sumber daya tambang dan sumber daya laut.

Gambaran tentang setiap sumber daya alam disampaikan pada bagian berikut ini.

1. Potensi Sumber Daya Udara Potensi Sumber Daya Udara Udara tidak tampak mata, tidak berbau, dan tidak ada berasa.

Kehadiran udara hanya dapat dilihat dari adanya angin (udara yang bergerak) yang menggerakkan benda-benda, seperti pohon yang tertiup angin, air yang bergelombang, dan lain-lain.

Walaupun demikian, udara merupakan salah satu jenis sumber daya alam, sama seperti air, tanah, bahan tambang, laut, dan hutan.  Mengapa udara termasuk salah satu jenis sumber daya alam?

Udara mempunyai banyak fungsi bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Manusia dan hewan pasti membutuhkan udara untuk bernapas.

Tumbuhan juga membutuhkan udara untuk melakukan proses pembentukan zat makanan karbohidrat oleh tumbuhan (fotosintesis).

Zat makanan yang dihasilkan sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia dan binatang.

Udara juga berfungsi melindungi kehidupan di permukaan bumi dari sinar ultraviolet dan benda-benda dari angkasa luar yang jatuh ke bumi.

Lapisan udara atau atmosfer yang menyelubungi bumi menyaring radiasi ultraviolet yang dapat mengganggu kehidupan di permukaan bumi.

Benda-benda angkasa yang jatuh ke bumi juga akan hancur di udara sebelum mencapai ke bumi.  Bayangkanlah apa yang akan terjadi jika tidak ada udara. Benda-benda dari angkasa luar akan banyak yang sampai ke bumi sehingga akan membahayakan kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. 

Udara terdiri atas tiga unsur utama, yaitu :
(1) udara kering,
(2) uap air, dan
(3) aerosol.

Udara keringadalah unsur utama pembentuk udara, terdiri atas nitrogen, oksigen, dan lain- lain. Sebagian besar unsur penyusun udara kering adalah nitrogen, baru berikutnya oksigen dan sejumlah unsur lainnya yang kecil persentasenya.

Walaupun volumenya kecil, tetapi unsur-unsur itu memiliki fungsi masing-masing yang sangat dibutuhkan untuk kehidupan. 

Di dalam udara terdapat uap air yang berasal dari hasil penguapan (evaporasi). Proses pemanasan oleh cahaya matahari mengakibatkan tubuh-tubuh air (mis: sungai, danau, dan laut) sebagian akan berubah menjadi uap air yang mengisi udara di atasnya.

Karena itu, uap air tersebar tidak merata di permukaan bumi. Persebaran uap air bergantung pada intensitas penyinaran matahari dan keberadaan tubuh-tubuh air di suatu wilayah.

Selain udara kering dan uap air, dalam udara juga terdapat benda-benda berukuran kecil yang karena beratnya sangat ringan yang disebut aerosol, ia mampu melayang- layang di udara.

Aerosol dapat berupa partikel berbentuk garam, garam natrium, karbon, sulfat, nitrat, kalsium, kalium, silikat, partikel-partikel dari gunung berapi, dan lain-lain.

Aerosol dengan mudah dapat kita lihat ketika ada cahaya matahari yang masuk lewat celah-celah pada suatu bangunan. Benda-benda kecil itu melayang-layang dan akan terlihat dengan jelas.

Tanpa semua unsur penyusun udara tersebut, tentu kehidupan tidak berjalan seperti yang kita saksikan saat ini. Uap air dalam udara sangat bermanfaat untuk proses terbentuknya hujan.

Aerosol sangat bermanfaat untuk kondensasi dan pembentukan hujan. Ketika uap air berubah menjadi titik air, uap air perlu tempat untuk bertengger.

Tempat itu adalah partikel-partikel yang melayang di udara atau aerosol.

Tanpa adanya aerosol, hujan akan sulit terjadi. Melihat begitu pentingnya udara bagi kehidupan, tepat jika dikatakan bahwa udara merupakan salah satu jenis sumber daya alam. 

Bagi negara Indonesia, ruang udara menyangkut kedaulatan negara. Hal ini karena ruang udara merupakan salah satu unsur pembentuk wilayah suatu negara selain daratan.

Karena itu, diperlukan pengaturan pemanfaatan ruang udara, misalnya untuk kepentingan lalu lintas dirgantara.

Sebagai contoh, pesawat militer tidak diperbolehkan melewati wilayah udara suatu negara tanpa izin negara yang bersangkutan.

2. Potensi Sumber Daya Tanah Tanah merupakan tempat manusia melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. 

Manusia bercocok tanam, membangun rumah, membangun jalan, dan lain-lain di atas tanah. Tanah juga dijadikan bahan untuk membuat bangunan, jalan, dan lain-lain.

Perhatikanlah tanah di sekitarmu!

Termasuk jenis tanah apa?

Seperti apakah warnanya?

Apakah warna tanah  selalu sama di berbagai lokasi?

Jika tidak, bagaimana warna tanah yang pernah kamu lihat?

Ya, ternyata tanah beragam cirinya, tidak hanya warna, tetapi juga kedalaman, tekstur, struktur, usia, dan lain-lain. 

Bagaimanakah proses terbentuknya tanah?

Tanah asalnya terbentuk dari bahan induk atau batuan. Bahan induk dapat berupa batuan beku maupun batuan sedimen.

Tanah yang terbentuk dari batuan beku asalnya dari lava yang keluar dari gunung berapi lalu membeku. Batuan yang telah membeku tersebut kemudian terkena pengaruh cuaca, terutama panas dan hujan.

Batuan kemudian hancur dan terbentuklah tanah. Hancurnya batuan  juga dapat terjadi disebabkan adanya tumbuhan yang akarnya mampu menghancurkan batuan.

Tanah juga terbentuk dari batuan sedimen. Batuan sedimen tersebut mengalami pemadatan, mengeras, dan kemudian hancur oleh pengaruh cuaca.

Tanah yang terbentuk dari batuan sedimen berbeda dengan tanah yang terbentuk dari batuan beku. Tanah yang terus menerus mengalami proses pelapukan akan makin tebal atau dalam.

Dengan demikian, usia tanah dapat ditentukan dengan melihat ketebalan atau kedalaman tanahnya, makin tebal atau dalam, makin tua usia tanah tersebut. Usia tanah dapat juga dilihat dari warna dan banyaknya lapisan atau horizon tanahnya.

Warna tanah berubah sehingga tanah yang memiliki banyak horizon tanah dapat dikatakan tanah tersebut telah mengalami perkembangan lanjut atau berusia tua.

Biasanya, tanah yang berusia tuawarnanya  kemerah-merahan, sedangkan tanah yang lebih muda berwarna abu-abu atau kehitaman sesuai dengan batuan yang menjadi bahan atau asal dari pembentukan tanah tersebut.

Berdasarkan sifat batuan induknya, secara umum tanah di Indonesia dapat dibedakan menjadi:

(1) tanah dengan bahan induk vulkanik,

(2) tanah dengan bahan induk bukan vulkanik,

(3) tanah organik atau humus.

a. Tanah dengan Bahan Induk

Vulkanik Tanah vulkanik awalnya terbentuk dari material vulkanik yang dikeluarkan saat gunung berapi meletus.

Material vulkanik yang dikeluarkan dari gunung berapi terdiri atas lava (magma yang mencapai permukaan bumi melalui letusan gunung berapi) dan lahar (campuran air dan batuan yang menuruni lereng gunung berapi sebagai akibat adanya gaya gravitasi).

Istilah lava juga bisa berarti aliran batuan yang cair yang mengalir dari kawah.

Tanah vulkanik terbentuk dari material vulkanik yang melalui proses panjang pelapukan yang sangat lama.

Biasanya, tanah vulkanik lebih subur jika dibandingkan dengan jenis tanah lainnya.

Itulah yang menyebabkan daerah yang berada di sekitar gunung berapi menjadi daerah pertanian yang subur.

Di manakah sebaran tanah vulkanik di Indonesia?

Sebaran tanah vulkanik tentu saja bersesuaian dengan sebaran gunung berapi di Indonesia. Sebaran gunung berapi di Indonesia umumnya terdapat di Jawa, Sumatra,  Bali, dan Nusa Tenggara serta sejumlah daerah di Sulawesi dan Maluku.

Dengan demikian, sebaran tanah vulkanik berada di Pulau Sumatra sepanjang Bukit Barisan, Pulau Jawa kecuali di utara Pegunungan Kendeng (Bojonegoro), Pulau Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur kecuali Pulau Sumba dan Timor.

Selain itu, tanah vulkanik juga terdapat di Maluku kecuali di Kepulauan Kei dan Aru, serta bagian utara Sulawesi.

b. Tanah dengan Bahan Induk Bukan Vulkanik (Tanah Tertier)
Bahan induk dari tanah ini bukan hasil aktivitas atau letusan gunung berapi.

Jika kita memperhatikan peta sebaran tanah di Indonesia, sebaran tanah yang berbahan induk bukan vulkanik terletak di daerah berikut.

Sebelah timur dari rangkaian pegunungan di Sumatra (Pegunungan Bukit Barisan), Kepulauan Riau, Bangka, Belitung, dan lain-lain.

Bagian utara Jawa Timur (sebelah utara Pegunungan Kendeng) dan Madura. Bagian kecil dari Bali dan Nusa Tenggara Timur (Sumba, Timor). Sebagian besar wilayah Sulawesi. Kalimantan dan sebagian besar Papua. Sebagian besar Maluku.

c. Tanah Organik Tanah organik (humus) adalah tanah yang terbentuk dari tumpukan sisa-sisa tumbuhan.

Di Indonesia, tanah organik dikenal dengan istilah lain yaitu tanah gambut.

Jenis tanah organik banyak ditemukan di rawa-rawa yang luas seperti di sepanjang pesisir Kalimantan, di pantai timur Sumatra,di sekitar muara Membramo, dan di sebelah utara Merauke, Papua.

Warna tanah gambut ini adalah cokelat kelam hitam sampai berwarna hitam.

3. Potensi Sumber Daya Air Potensi dan sebaran sumber daya alam air di Indonesia selengkapnya dapat dibaca pada materi Potensi Sumber Daya Air  

4. Potensi Sumber Daya Hutan Potensi dan sebaran sumber daya alam hutan di Indonesia selengkapnya dapat dibaca pada materi Potensi Sumber Daya Hutan  

5. Potensi Sumber Daya Tambang Potensi dan sebaran sumber daya alam tambang di Indonesia selengkapnya dapat dibaca pada materi Potensi Sumber Daya Tambang  

6. Potensi dan Persebaran Sumber Daya Laut Potensi dan sebaran sumber daya alam laut di Indonesia selengkapnya dapat dibaca pada materi Potensi Sumber Daya Laut Rangkuman Potensi dan Sebaran Sumber Daya Alam Indonesia Sumber daya alam adalah semua bahan yang ditemukan manusia dalam alam yang dapat dipakai untuk kepentingan hidupnya.

Sumber daya alam dapat dikelompokkan menjadi berbagai golongan berdasarkan kemungkinan pemulihan, materi, dan macam habitatnya. Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat berlimpah.

Kekayaan sumber daya alam Indonesia tidak hanya berupa bahan tambang, tetapi juga hutan, air, tanah yang subur dan laut yang luas.

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang kaya akan bahan tambang. Beraneka bahan tambang tersedia untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri maupun luar negeri.

Namun demikian, karena pengambilan yang terus-menerus, sebagian sumber daya alam tersebut sudah sangat berkurang.
Indonesia memiliki laut yang luas dan garis pantai yang sangat panjang.

Selain ikan yang berlimpah, ditemukan pula berbagai jenis bahan tambang di dasar laut. Di sepanjang pesisir juga terdapat kekayaan alam berupa hutan mangrove, terumbu karang, rumput laut, dan tentu saja keindahan alam yang dapat dikembangkan untuk kepentingan pariwisata.

Potensi ikan Indonesia sangat berlimpah. Laut Indonesia memiliki angka potensi lestari yang sangat besar sehingga peluang untuk meningkatkan jumlah tangkapan yang diperbolehkan juga masih sangat besar.

Hutan mangrove tidak hanya memiliki fungsi ekologis, tetapi juga fungsi ekonomis.

Fungsi ekologis hutan mangrove adalah sebagai habitat atau tempat hidup binatang laut untuk berlindung, mencari makan atau berkembang biak serta melindungi pantai dari abrasi air laut.

Fungsi ekonomis hutan mangrove berupa nilai ekonomi dari kayu dan makhluk hidup yang ada di dalamnya, misalnya udang dan jenis ikan lainnya.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki terumbu karang terluas di dunia. Kekayaan terumbu karang Indonesia tidak hanya dari luasnya, tetapi juga keanekaragaman hayati yang hidup di dalamnya.

Uji Pemahaman : Coba kamu isi soal di bawah ini, ditunggu jawabannya untuk kita diskusikan di sekolah !

1. Materi Kandungan sumber daya alam apa saja yang terdapat di provinsi tempat tinggalmu?

2. Apa saja yang termasuk dalam kategori potensi sumber daya pertanian?

3. Jelaskan bagaimana cara pemanfaatannya! Apa saja yang termasuk dalam kategori potensi sumber daya kelautan?

4. Jelaskan bagaimana cara pelestariannya!

5. Sumber daya alam gas dan minyak bumi yang dimiliki Indonesia jumlahnya terbatas.
Apa yang terjadi jika sumber daya alam tersebut habis?

6. Sebagai negara yang kaya dengan sumber daya alam, kemanfaatan apa saja yang dapat diambil dari sumber daya alam tersebut bagi kehidupan di Indonesia?

Ingat dalam pengolahan dan pemanfaatan sumber daya alam jangan dieksploitasi agar tidak terjadi kerusakan ekosistem yang akan menghancurkan habitat sumber daya alam Indonesia.

Sumber: http://ipsgampang.blogspot.co.id/2014/08/potensi-dan-sebaran-sumber-daya-alam.html?m=1

Daftar Buku Kurtilas SMP REVISI 2017

BUKU KURIKULUM 2013 REVISI 2017

Silahkan buka link di bawah di google

KELAS 7

1. BG MATEMATIKA Kls 7 Revisi 2017 https://goo.gl/VTLjJd
2. BS MATEMATIKA Kls 7 Revisi 2017 https://goo.gl/cMfUW8
3. BS PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA Kls 7 Revisi 2017 https://goo.gl/K8rm8o
4. BG PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK Kls 7 Revisi 2017 https://goo.gl/SiB27x
5. BS PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK Kls 7 Revisi 2017 https://goo.gl/25z1nK
6. BG PENDIDIKAN AGAMA KHONGHUCU Kls 7 Revisi 2017 https://goo.gl/UbFyb5
7. BS PENDIDIKAN AGAMA KHONGHUCU Kls 7 Revisi 2017 https://goo.gl/TytT9n
8. BG PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN Kls 7 Revisi 2017 https://goo.gl/EA8rw4
9. BS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN Kls 7 Revisi 2017 https://goo.gl/84WN6S
10. BG BAHASA INGGRIS Kls 7 Revisi 2017 https://goo.gl/gmvCwQ
11. BS BAHASA INGGRIS Kls 7 Revisi 2017 https://goo.gl/THGzZ4
12. BG BAHASA INDONESIA Kls 7 Revisi 2017 https://goo.gl/QLYUtz
13. BS BAHASA INDONESIA Kls 7 Semester I Revisi 2017 https://goo.gl/9V2XyN
14. BG PENDIDIKAN AGAMA HINDU Kls 7 Revisi 2017 https://goo.gl/sKscmu
15. BS PENDIDIKAN AGAMA HINDU Kls 7 Revisi 2017 https://goo.gl/CkHkG2
16. BG IPA Kls 7 Revisi 2017 https://goo.gl/kb3wcc
17. BS IPA Kls 7 Semester I Revisi 2017 https://goo.gl/Ydw8H8
18. BG IPS Kls 7 Revisi 2017 https://goo.gl/RkL9Ph
19. BS IPS Kls 7 Revisi 2017 ---
20. BG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Kls 7 Revisi 2017 https://goo.gl/Y2EzMT
21. BS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Kls 7 Revisi 2017 https://goo.gl/7rNBKM
22. BG PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN Kls 7 Revisi 2017 https://goo.gl/1cEStL
23. BS PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN Kls 7 Revisi 2017 https://goo.gl/ASTXMo
24. BG PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN Kls 7 Revisi 2017 https://goo.gl/g9pCVX
25. BS PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KLS 7 Revisi 2017 https://goo.gl/pW9p41
26. BG PRAKARYA Kls 7 Revisi 2017 https://goo.gl/UzvcPt
27. BS PRAKARYA Kls 7 Semester I Revisi 2017 https://goo.gl/5t4Cse
28. BS PRAKARYA Kls 7 Semester II Revisi 2017 https://goo.gl/DQNzxv
29. BG SENI BUDAYA Kls 7 Revisi 2017 https://goo.gl/Z2Scm3
30. BS SENI BUDAYA Kls 7 Revisi 2017 https://goo.gl/BPq3FX

KELAS 8
1. BG MATEMATIKA Kls 8 Revisi 2017 https://goo.gl/yJ3rZq
2. BS MATEMATIKA Kls 8 SMT 1 Revisi 2017 https://goo.gl/ta9R5r
3. BS MATEMATIKA Kls 8 SMT 2 Revisi 2017 https://goo.gl/6pKDCz
4. BG PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA Kls 8 Revisi 2017 https://goo.gl/aSJMCE
5. BS PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA Kls 8 Revisi 2017 https://goo.gl/JRVa1R
6. BG PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK Kls 8 Revisi 2017 https://goo.gl/S3UxuR
7. BS PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK Kls 8 Revisi 2017 https://goo.gl/bVwk1G
8. BG PENDIDIKAN AGAMA HINDU Kls 8 Revisi 2017 https://goo.gl/vvDZFK
9. BS PENDIDIKAN AGAMA HINDU Kls 8 Revisi 2017 https://goo.gl/tjTXZx
10. BG PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN Kls 8 Revisi 2017 https://goo.gl/71dDWx
11. BS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN Kls 8 Revisi 2017 https://goo.gl/qwG5y6
12. BG BAHASA INGGRIS Kls 8 Revisi 2017 https://goo.gl/nVtLpN
13. BS BAHASA INGGRIS Kls 8 Revisi 2017 https://goo.gl/8rsbQv
14. BG BAHASA INDONESIA Kls 8 Revisi 2017 https://goo.gl/1PXhGR
15. BS BAHASA INDONESIA Kls 8 Revisi 2017 https://goo.gl/FnVqRa
16. BG IPA Kls 8 Revisi 2017 https://goo.gl/Gui6b6
17. BS IPA Kls 8 Semester I Revisi 2017 https://goo.gl/sR7HTt
18. BS IPA Kls 8 Semester II Revisi 2017 https://goo.gl/KFvwwG
19. BG IPS Kls 8 Revisi 2017 https://goo.gl/TVNQdx
20. BS IPS Kls 8 Revisi 2017 https://goo.gl/f3ARLg
21. BG PENDIDIKAN AGAMA KHONGHUCU Kls 8 Revisi 2017 https://goo.gl/rnHYhC
22. BS PENDIDIKAN AGAMA KHONGHUCU Kls 8 Reviisi 2017 https://goo.gl/JBg17V
23. BG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Kls 8 Revisi 2017 https://goo.gl/3sq9Uh
24. BS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Kls 8 Revisi 2017 https://goo.gl/GstQH5
25. BG PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN Kls 8 Revisi 2017 https://goo.gl/JDXZfy
26. BS PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN Kls 8 Revisi 2017 https://goo.gl/KYhMUy
27. BG PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN Kls 8 Revisi 2017 https://goo.gl/9UQ5Zt
28. BS PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN Kls 8 Revisi 2017 https://goo.gl/kLRSfv
29. BG PRAKARYA Kls 8 Revisi 2017 https://goo.gl/d4w1xC
30. BS PRAKARYA Kls 8 Revisi 2017 https://goo

Sekilas rangkuman Kurikulum 2013 Kelengkapan yg seharusnya dimiliki guru :

BUKU KERJA GURU A. BUKU KERJA 1 : 1. SKL, KI, dan KD 2. Silabus 3. RPP 4. KKM B. BUKU KERJA 2 : 1. Kode Etik Guru 2. Ikrar Guru 3. Tata Tertib Guru 4. Pembiasaan Guru 5. Kalender Pendidikan 6. Alokasi Waktu 7. Program Tahunan 8. Program Semester 9. Jurnal Agenda Guru C. BUKU KERJA 3 : 1. Daftar Hadir 2. Daftar Nilai 3. Penilaian Akhlak/Kepr 4. Analisis Hasil Ulgn 5. Progpel Perb & Pengy 6. Dafbuk Peg Guru/Sis 7. Jadwal Mengajar 8. Daya Serap Siswa 9. Kumpulan Kisi soal 10. Kumpulan Soal 11. Analisis Butir Soal 12. Perbaikan Soal D. BUKU KERJA 4 : 1. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru 2. Program Tindak Lanjut Kerja Guru